Gempa Guncang Nias Barat, Warga Tetap Ziarah Kubur Meski Dilarang

Gempa Guncang Nias Barat, Warga Tetap Ziarah Kubur Meski Dilarang


This-news.com - Gempa bumi mengguncang wilayah Nias Barat Sumatera Utara siang tadi. Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 13.33 WIB. Titik koordinat gempa ada di 0,10 LU (Lintang Utara) dan 96,53 BT (Bujur Timur) dengan kedalaman 19 km.

Sementara itu, sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah DKI Jakarta diramaikan warga yang melakukan ziarah kubur meski ada larangan selama libur Lebaran dari Pemprov DKI Jakarta. Peziarah bahkan protes tak boleh masuk.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Jumat (14/5/2021).

1. Gempa 6,7 M Guncang Nias Barat

BMKG melakukan pemutakhiran pada kekuatan gempa yang terjadi di Nias, Sumatera Utara (Sumut). Semula kekuatan gempa diinformasikan sebesar 7,2 M dan kini dimutakhirkan menjadi 6,7 M.

Berdasarkan hasil analis BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang berada di zona outer-rise, hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault).

2. Warga Ziarah Kubur Meski Dilarang

Sejumlah peziarah memaksa masuk ke TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar). Para peziarah itu bahkan membuka paksa gerbang masuk TPU Tegal Alur. Kericuhan pun sempat terjadi.

Kericuhan bermula saat dua pemuda terlibat cekcok dengan petugas pamdal serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat lantaran tidak diperbolehkan masuk. Cekcok tersebut memicu protes warga lain.

3. Jemaah Aboge Salat Idul Fitri Hari Ini

Berbeda dengan umat Islam pada umumnya yang telah melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah kemarin, penganut Islam Aboge yang ada di sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah baru melaksanakan salat Idul Fitri hari ini.

Salat Idul Fitri yang di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen pada sekitar pukul 06.30 WIB pagi tadi diikuti oleh ratusan pengikut Islam Aboge. Penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah ini berdasarkan penanggalan Jawa yang sudah dipercaya selama ratusan tahun.

4. Potret Hancurnya Kota Gaza

Citra satelit menunjukkan kerusakan bangunan hingga tangki penyimpanan terbakar akibat pertempuran Israel dengan Hamas. Pertempuran sudah berlangsung 4 hari dan banyak menelan korban jiwa.

Kementerian Kesehatan Palestina menyebut hingga saat ini ada 109 warganya yang tewas akibat serangan Israel. Sementara 621 orang mengalami luka-luka.

5. Elon Musk Setop Jual Tesla Pakai Bitcoin

Tesla mengumumkan tak lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran untuk pembelian mobil. Chief Executive Tesla Elon Musk mengatakan dirinya khawatir dengan harga Bitcoin yang berfluktuasi.

Dikutip dari Reuters, Elon Musk mencuit harga Bitcoin turun lebih dari 10% selama kurang dari dua bulan setelah ia mengumumkan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran.

Sumber : news.detik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel